Langkah Pemerintah Terhadap Pembayaran Pajak Kendaraan di Tengah Pandemi


Indonesia dan negara di dunia masih diguncang oleh pandemi corona virus ini yang belum juga usai. Dimana Pemerintahan provinsi DKI Jakarta telah memberikan beberapa kemudahan pelayanana pembayaran pajak yang terus dilakukan untuk mempermudah masyarakat membayar pajak kendaraan di tengah wabah pandemi ini. Pemerintah telah membuka beberpaa pelayanan pajak secara daring, di gerai, maupun samsat keliling dan juga pelayanan pajak kendaraan tahunan dengan cara drive thru. Pembayaran pajak ini juga dilakukan dengan cara membantu masyarakat saat melunasi tagihan pajak kendaraan.

Di tengah pandemi corona virus atau covid-19 ini mengharuskan kira untuk mengikuti penjagaan protokol kesehatan di tenagh pandemi ini. Dimana wajib pajak tidak mengharuskan kalian turun dari kendaraan saat melakukan pembayaran pajak tahunan sebauh kendaraan. Pembayaran pajak ini dilakukan utnuk membantu masyarakat saat melunasi tagihan pajak kendaraan. Herlina Ayu yang bertugas sebagai humas Badan pendapatan Daeran ini juga telah mengatakan terdapat beberapa layanan samsat srive thru yang sangat diminati para wajib pajak, terutama di masa pandemi saat ini.

Pada hari Kamis, 22 Oktober 2020 bahwa ada hal yang terlihat dari penerimaan pajak kendaraan bermotor (PKB) yang terus meningkat hingga mencapai lebih kuran sebesar 6.2 triliun per tanggal 20 Oktober 2020. Herlina juga telah menambahkan palayanan di Samsat drive thru yang mampu memberikan kemudahan dalam pembayaran pajak kendaraan secara praktis dalam prosesnya.

Dimana wajib pajak ini tidak harus dari kendaraaan saat bayar pajak kendaraanya, di samping itu karena tidak membutuhkan waktu yang lama. Diaman dokumen lengkap dan benar yang dibawa saat akan melakukan perpanjangan kendaraan melalui samsat drive thru, SOP pelayanananya sekitar kurang lebih selama 6 menit saja, ucapnya.

Pelayanan ini kata Herlina bisa menjadi sebauh alternatif bagia para masyarakat yang ingin melakukan pembayaran pajak tahunan tanpa repot harus turun dari kendaraan. Samsat drive thru ini juga bisa menjadi sebuah alternatif pilihan bagi para wajib pajak dalam membayarkan kewajiban pajak daerahnya. Apalagi di tenagh situasi pandemi corona virus ini mengharuskan kita untuk hidup memenuhi berbagai protokol kesehartan yang harus selalu kita terapkan dan menjadi prioritas utama kita.

Yang sudah memanfaatkan layanan ini juga sudah cukup banyak. Dimana layanan Samsat drive thrue telah dilakukan oleh sebagian cukup besar masyarakat di Jakarta. Presentase penggunaan jasa ini telah dilakukan oleh 4.8 persen wajib pajak dari total PKB yang ada di wilayah DKI Jakarta dalam menggunakan layanan ini. Layanan ini merupakan slaah satu kerja sama antara Bapenda DKI Jakarta dengan Direktorat Lalu Lintas Polda Metropolitasn Jakarta Raya, PT. Bank DKI serta PT. Jasa Raharja (Persero) yang ada di cabang DKI Jakarta.

Nah itu dia beberapa langkah yang dilakukan pemerintah untuk mengatasi pengurangan dan pemutusan wabah pandemi corona virus ini. Hal ini dilakukan untuk mempermudah masyarakata melunasi pembayaran pajak daerahnya dan mengurangi jumlah orang yang berkerumun bahkan saat melakukan transaksi bayar pkb. Bagaimana sobat menurut kalian? Apakah langkah ini efektif? Untuk kalian yang ingin membayara pajak kendaraan kalian di samsat. Kalian tidak perlu lagi khawatir akan corona virus. Yang penting tetap melakuakn protokol kesehatan dan juga lakuakn jaga jarak.

Hal ini pastinya akan efektif dalam menghindari penyebaran corona virus di perkotaan ini. Yuk gunakan layanan ini untuk bayar pajak kalian agar semakin mudah dalam membayar pajak kendaraan kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *